Background

Majapahit, Sebuah Imperium Raksasa Di Nusantara

Kawan, mungkin diantara kita sudah tahu tentang Majapahit? Ya, jika kita mendengar majapahit kita pasti terbayang dengan sebuah kerajaan Hindu besar yang wilayahnya konon mencapai wilayah Indonesia sekarang bahkan sampai ke Singapura (Tumasik), Semenanjung Malaya, dan sebagian Indochina. Luar biasa bukan???



Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1292 M tak bisa terlepas dari kisah kerajaan sebelumnya yaitu Singasari. Jadi sekitar tahun 1292 terjadi pemberontakan oleh Jayakatwang sehingga Raja Singosari saat itu Kertaegara tewas. Pemberontakan ini berakibat pada pembentukan ibukota baru di Kadhiri oleh Jayakatwang. Raden Wijaya, menantu Kertanegara berhasil lolos dan diberi amnesti oleh Jayakatwang. Atas saran dari Arya Wiraraja, Raden Wijaya dapat membuka Hutan Trik serta dijadikan desa dengan nama Majapahit.Itulah sekelumit awal penamaan Majapahit.





Sejarah menjadi berubah tatkala Pasukan Mongol yang pernah dilecehkan Kertanegara menyerang Tanah Jawa. Keadaan ini dimanfaatkan oleh Raden Wijaya untuk bersekutu dengan Mongol dan dapat mengalahkan Jayakatwang (Mongol sebenarnya ingin membunuh Kertanegara tapi karena Kertanegara telah tewas oleh Jayakatwang maka lawan yang dihadapi mongol adalah Jayakatwang). Seelah berhasil melumpuhkan Jayakatwang, Wijaya berbalik menyerang Mongol sehingga menyebabkan bangsa itu kabur dari Jawa.Tepat tanggal 10 Nopember 1293 Raden Wijaya dilantik menjadi Raja Majapahit dengan gelar Kertajasa Jayawardhana.


                                              GENEALOGI RAJA MAJAPAHIT



Nah kawan, Diagram diatas merupakan genealogi atau silsilah dari raja-raja Majapahit. Tampak diatas ada beberapa nama raja (yang diberi background agak menyolok). Disini saya tidak menjelaskan bagaimana kisah masing-masing raja Majapahit akan tetapi hanya beberapa saja yang mempunyai pengaruh penting. 





    

Categories: Share

Leave a Reply